smk

Thursday, October 14, 2010

biologi 1 untuk anak sekolah sma/ma kelas x


Pembelajaran biologi menggarisbawahi adanya kegiatan pengamatan,
pengalaman, dan pemahaman secara langsung sehingga siswa harus diberi
motivasi dan rangsangan untuk mengembangkan berbagai keterampilan
proses yang mampu membawanya ke arah upaya eksplorasi dan
pemahaman terhadap kehidupan alam sekitar. Keterampilan proses ini
meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan
alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan
keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan
dan menafsirkan data, serta mengomunikasikan hasil temuan secara
lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan
untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir
analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan peristiwa alam sekitar.
Secara umum mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. bersikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan
keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha
Esa,
2. memupuk sikap ilmiah, yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan
dapat bekerja sama dengan orang lain,
3. mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji
hipotesis melalui percobaan, serta mengomunikasikan hasil percobaan
secara lisan dan tulisan,
4. mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif
dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi,
5. mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling
keterkaitan dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan,
keterampilan, dan sikap percaya diri,
6. menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya
teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia, dan
7. meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga
kelestarian lingkungan.
Pembelajaran Biologi di SMA/MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/
MTs. yang memberikan penekanan pada fenomena alam dan penerapannya
yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk
hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan
energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem;
v
2. organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ
tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks
sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat;
3. proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas,
evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan,
teknologi, dan masyarakat.
Buku ini disusun dengan menitikberatkan pemahaman-pemahaman
dasar yang diikuti oleh berbagai panduan kegiatan agar siswa termotivasi
untuk melakukan eksplorasi yang berangkat dari rasa keingintahuan
terhadap ”misteri” kehidupan di alam sekitar yang selanjutnya berujung
pada kemampuan untuk mengatasi berbagai persoalan dalam
kehidupannya.
Kami berharap buku ini dapat mencapai sasarannya dalam membantu
pengembangan sikap dan pemahaman siswa.

selengkapnya download pdf nya
disini

No comments:

Post a Comment